Allah

TOP NEWS

Semoga bisa menjadi blog referensi dan sumber bacaan yang menambah wawasan kita. Jangan sungkan untuk koment ya ^^,

Wednesday, 31 July 2013

ABU NAWAS | Senyum

ABU NAWAS | Senyum






Bismillaahirrahmaanirrahii
m, Buka Hati, Fikiran & Bacalah,

Masih sering mendengar cerita2 tentang nama beliau?? Pasti semuanya lucu2.. Tapi bener gak tuh tentang beliau?? Yuk di baca sejarahnya..

SIAPAKAH ABU NAWAS sebenarnya ?
Nama asli beliau adalah : Abu Ali Hasan bin Hani' al-Hakami,
dia seorang penyair yang sangat mashur pada zaman Bani Abbasiyyah.

Kepiawaiannya dalam menggubah qosidah syair membuat ia terkenal di masa itu,sehingga dia dianggap sebagai pemimpin para penyair pada zamannya.

Namun sangat di sayangkan, perjalanan hidupnya banyak di warnai dengan kemaksiatan dan itu banyak sekali mewarnai syair-syairnya.

Contoh syair bertemakan tentang khomr, sampai- sampai kumpulan syairnya disebut sebagai "khomriyyat"

Abu Amr asy-Syaibani Rahimahullah berkata : "seandainya Abu Nawas tidak mengotori syairnya dengan kotoran-kotoran ini, niscaya syairnya akan kami jadikan hujjah dalam kitab-kitab kami".

Bahkan sebagian orang ada yang menyebut abu nawas sebagai orang zindiq, meskipun sebutan ini tidak di setujui sebagian ulama'.
Diantara yang tidak menyetujui sebutan zindiq atas abu nuwas adalah Imam al-Hafizh Ibnu Katsir rohimahullah, beliau berkata :
" banyak ulama' yang menceritakan peristiwa kehidupannya, syair-syair yang mungkar dll, diantara mereka ada yang menuduhnya sebagai orang zindiq, diantara mereka juga ada yang berkata "dia merusak dirinya sendiri", hanya saja, tuduhan sebagai orang yang zindiq maka, itu sangatlah jauh dari kenyataan, meskipun ia banyak melakukan kemaksiatan."(al-Bidayah wan-Nihayah 14/ 73)

Akan tetapi,walau bagaimanapun juga disebutkan dalam banyak kitab sejarah bahwa Abu Nawas bertaubat di akhir hayatnya.
Salah satu syair yang ditulis menjelang wafatnya, dan sekaligus menunjukkan taubatnya adalah berbunyi :

[ ★ ] Ya Allah,jika dosaku teramat sangat banyak,namun aku tahu bahwa pintu maaf-MU lebih besar

[ ★ ] Saya berdoa kepada-MU dengan penuh tadharru' sebagaimana yang Engkau perintahkan, lalu jika engkau menolak tangan permohonanku lalu siapa yang akan merahmatiku.

[ ★ ] Jika yang memohon kepada-MU hanya orang-orang baik saja, lalu kepada siapakah orang yang jahat akan memohon.

[ ★ ] saya tidak mempunyai wasilah kepada-MU kecuali hanya sebuah pengharapan, juga bagusnya pintu maaf-MU kemudian sayapun seorang muslim."

Semoga Allah menerima taubatnya dan memaafkan kesalahannya. Karena bagaimanapun juga Abu Nawas mengakhiri hidupnya dengan taubat kepada Allahu azza wajalla.

Diceritakan oleh : Ibnu Kholikan rohimahullah dalam -wafayatul a'yan-(2/102)

Muhammad bin Nafi berkata : Abu Nawas adalah temanku, namun terjadi sesuatu yang menyebabkan antara aku dan dia tidak saling berhubungan sampai aku mendengar berita kematiannya, pada suatu malam aku bermimpi bertemu dengannya, aku bertanya ;" wahai Abu Nawas, apa balasan Allah terhadapmu??

Dia menjawab :"Allah mengampuni dosaku karena beberapa bait syair yang kutulis saat aku sakit sebelum matiku, syair itu ada dibawah bantalku"

Maka akupun mendatangi keluarganya dan menanyakan bantal tidurnya,di sana kutemukan lembaran kertas bertuliskan:....(syair diatas)

Sumber : dari teman ke teman

wallahua'lam bisshowab,

Sunnah Poster

0 comments: